34.8 C
Jakarta
Kamis, 2 Desember, 2021
ads
Beranda Housing Sinar Mas Land dan Group 42 akan sulap BSD jadi smart city

Sinar Mas Land dan Group 42 akan sulap BSD jadi smart city

propertytoday.id – GROUP 42 asal Uni Emirat Arab (UEA) dan Sinar Mas Land berkolaborasi dalam mentransformasi Kota Bumi Serpong Damai (BSD) menjadi smart city di Indonesia. Kolaborasi tersebut ditandai dengan memorandum of understanding (MoU).

Melalui kemitraan dengan Group 42, Sinar Mas Land akan mengimplementasikan platform smart city dan smart campus berbasis AI di BSD City. Kedua perusahaan juga akan mengembangkan layanan dan aplikasi di platform tersebut dengan menerapkan praktik terbaik dalam pemantauan keamanan, akses gedung, pembayaran, perdagangan, pendidikan periklanan, dan kesehatan.

Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja menyatakan BSD City adalah proyek ambisiusnya dengan peluang pertumbuhan yang besar, terutama eksplorasi pengembangan masyarakat digital yang sedang menjadi salah satu perhatian Sinar Mas Land saat ini.

“Oleh karena itu, kami antusias terhadap kerja sama yang dilakukan dengan Group 42 yaitu sebuah perusahaan terdepan di bidang AI dan cloud computing. Kedua perusahaan memiliki visi bersama yaitu menjadi solusi industri untuk tantangan masa kini dalam menciptakan kota pintar yang lebih mudah diakses dan layak huni,” kata Michael dalam siaran pers tertulis akhir pekan lalu. Adapun MoU antara kedua perusahaan dilakukan 1 November 2021 lalu di Dubai.

Baca juga: Tahap 1 dan 2 sold out, BSD City siap-siap rilis Yuthica Tahap 3

Group 42 atau G42, adalah perusahaan kecerdasan buatan (AI) dan cloud computing yang didirikan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada tahun 2018. Perusahaan ini berorientasi pada pengembangan industri AI di seluruh sektor bisnis. Selain melakukan penelitian dan memberikan solusi industri yang membahas peluang jangka pendek, Group 42 juga bekerja menuju masa depan di mana AI akan dapat menangani tugas-tugas umum, seperti yang dilakukan manusia, di mana akan terjadi pada era Artificial General Intelligence.

“Kami merasa terhormat dapat bermitra dengan pengembang properti kelas dunia seperti Sinar Mas Land dan bangga menjadi portofolio smart city mereka yaitu BSD City. G42 berkomitmen untuk memanfaatkan AI dan kemampuan cloud computing kami agar memaksimalkan potensi manusia. Kami selalu bekerja dengan teknologi terbaik dan mitra terbaik untuk memberikan nilai kepada setiap wilayah di dunia, termasuk di BSD City, Indonesia,” kata Mr Peng Xiao Group CEO dari G42.

Baca juga: Drive-thru OneSmile Apps mudahkan pengurusan kebutuhan pelanggan BSD City

G42 mengembangkan solusi industri berbasis kecerdasan buatan di berbagai sektor bisnis seperti smart city, kesehatan, geospasial, penerbangan, energi dan layanan keuangan serta menjadi salah satu perusahaan terdepan dalam transformasi digital di wilayah Uni Emirat Arab (UEA) dan Timur Tengah.

Sinar Mas Land adalah pemegang saham mayoritas PT Bumi Serpong Damai, Tbk Diarsipkan 2020-06-06 di Wayback Machine. Melalui dua anak perusahaannya, PT Paraga Artamida dan PT Ekacentra Usahamaju. Saat ini nama “BSD” tidak mengacu ke sebuah singkatan, tetapi lebih berupa kata yang berdiri sendiri. Kelompok Sinar Mas lebih mempopulerkan nama BSD City sebagai pembeda dari developer sebelumnya, dan juga menambahkan slogan “Big City. Big Opportunity” untuk mempromosikan BSD City.

BSD City merupakan proyek kota terencana dengan total luas lahan terbesar di Indonesia, yaitu sebesar 6.000 hektar. Dalam total luas lahan yang maha luas ini, BSD City membagi tiga tahap pembangunan dari total luas lahan yang direncanakan. Tahap awal seluas 1.300 hektare. Tahap kedua akan dikembangkan seluas 2.400 hektare dan sisanya seluas 2.300 hektare. BSD City memiliki beberapa pusat perbelanjaan seperti BSD Plaza, ITC BSD, BSD Junction, Giant Hypermarket BSD, AEON Mall dan Teraskota. Di sini juga beberapa tempat rekreasi menarik seperti Ocean Park Water Adventure seluas 7,5 hektaree yang merupakan salah satu Thematic Waterpark terbesar di Asia Tenggara. BSD City akan dihubungkan dengan 5 pintu tol, 2 di antaranya sudah dibuka sejak tahun 1999. (PIT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Kebijakan bebas karantina dibuka, Crown Group tawarkan 2 proyek prestisius

propertytoday.id - MENYUSUL DIBUKANYA kebijakan perjalanan bebas karantina, pengembang properti berbasis di Australia, Crown Group, memperkenalkan koleksi proyek terbarunya Griya Tawang Sydney Mastery dan...

Bank BTN siapkan pembiayaan 2022 untuk terciptanya ekosistem perumahan

propertytoday.id - MULAI MENGGELIATNYA perekonomian nasional pasca suksesnya program vaksinasi nasional Covid 19 mendorong para pemain di sektor perumahan menyiapkan berbagai strategi untuk memenuhi...

Walau pandemi, penyewa kawasan komersial Jababeka Residence terus meningkat

propertytoday.id - MESKIPUN DI AWAL 2021 pemerintah memberlakukan PSBB dan PPKM sebagai akibat kasus harian Covid 19 yang makin mengkhawatirkan, minat pelaku bisnis untuk...

Penjualan tahap pertama Synthesis Huis ditargetkan minimal Rp500 miliar

propertytoday.id - PT Synthesis Karya Pratama (Synthesis Development) menggelar kegiatan groundbreaking proyek landed house terbarunya, Synthesis Huis. Mandrowo Sapto, Managing Director Synthesis Development mengungkapkan, setelah...