25.1 C
Jakarta
Senin, 15 Agustus, 2022
ads
Beranda Financing & Mortgage Siapkan digital mortgage ecosystem, BTN siap jadi mitra BP Tapera

Siapkan digital mortgage ecosystem, BTN siap jadi mitra BP Tapera

propertytoday.id – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau BBTN siap mendukung Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat atau BP Tapera menyalurkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di tahun depan.

Haru Koesmahargyo, Direktur Utama BBTN, mengatakan bahwa pihaknya siap menjadi mitra BP Tapera untuk mempercepat penyaluran KPR Sejahtera pada tahun depan.

“Kami siap untuk segera menyalurkannya kepada masyarakat, khususnya MBR. Semoga proses penyaluran FLPP akan menjadi lebih baik, efisien, efektif, sekaligus dapat mendukung program pemerintah menurunkan angka backlog perumahan di Tanah Air,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (26/12).

Baca juga: BTN ingin PT terlibat dalam pengembangan ekosistem perumahan

Seperti diketahui, tahun depan BP Tapera menargetkan penyaluran KPR Sejahtera dengan menggunakan skema FLPP sebanyak Rp22 triliun atau setara dengan 200.000 rumah. BTN, kata dia, menyiapkan digital mortgage ecosystem yang akan mendukung sektor properti dari sisi supply dan demand. “Sehingga kebutuhan masyarakat terhadap perumahan dapat dipenuhi dan para stakeholder sektor properti, dan mengakomodasi peran mereka dalam menjalankan perannya di sisi supply,” katanya.

Dia menjelaskan, para calon debitur yang ingin mendapatkan KPR Sejahtera FLPP dapat mengisi data melalui aplikasi SiKasep. Setelah itu, BP Tapera yang akan melakukan verifikasi data dari calon debitur tersebut. Proses verifikasi dilakukan untuk menyesuaikan data calon debitur dengan persyaratan penerima FLPP yang diatur peraturan perundangan yang berlaku. Jika sesuai, maka bank akan melakukan pemrosesan untuk melihat kelengkapan berkas administratif, kemampuan bayar kesesuaian agunan, dan lain sebagainya.

Baca juga: BTN Kucurkan KPR Rp352 triliun periode 1976-2021 ke 5 juta keluarga di Indonesia

Tahun Depan Haru optimistis, sinergi BTN dengan BP Tapera akan semakin kuat karena kedua pihak sudah bekerja sama dalam program Pembiayaan Perumahan Tapera yang ditujukan kepada aparatur sipil negara (ASN).

“Kerja sama strategis ini kami harapkan dapat berjalan dengan lancar dan dapat menyukseskan Program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah, serta membantu masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah mendapatkan rumah impiannya,” tutur Haru.

Direktur Consumer and Commercial Lending BTN Hirwandi Gafar menuturkan, sepanjang tahun lalu perseroan telah menyalurkan KPR Sejahtera FLPP sebanyak 117.699 unit rumah dengan nilai kredit Rp17,15 triliun.

Baca juga: BTN optimistis tahun ini raup Rp1,73 triliun dari penjualan rumah lelang

“Dengan pencapaian tersebut, kami telah berkontribusi setidaknya 65 persen dari angka pencapaian penyaluran KPR Sejahtera FLPP nasional pada 2021 yang mencapai lebih dari 178.000 unit,” katanya.

Untuk tahun depan, Hirwandi menjelaskan, dengan performa pencapaian tahun ini dan proyeksi pemulihan ekonomi yang terus membaik, maka Bank BTN mengajukan permintaan kuota FLPP sebanyak kurang lebih 200.000 unit.

Baca juga: Bank BTN siapkan pembiayaan 2022 untuk terciptanya ekosistem perumahan

“Angka ini lebih tinggi dari tahun lalu, karena tahun depan insyaallah BTN semakin siap, karena sudah banyak improvement dari business process yang telah dijalankan perseroan, misalnya sentralisasi lending process, commercial banking center. Selain itu, aplikasi KPR online kami semakin mantap, yaitu BTN Properti, inovasi produk serta program KPR kami juga semakin menarik,” katanya. (PIT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Sasar UMKM Sinar Mas Land luncurkan Pasar Rakyat Go Digital

propertytoday.id - Pengembang properti Sinar Mas Land tengah mengembangkan Pasar Modern BSD City khusus untuk pelaku ushaa mikro, kecil dan menengah (UMKM). Lewat program...

Kolaborasi BUMN luncurkan pembiayaan mikro perumahan syariah

propertytoday.id - PT Sarana Multigriya Finanasial (Persero) atau SMF kembali meluncurkan program kolaborasi untuk pembiayaan mikro perumahan syariah atau HOME syariah bersama PT Permodalan...

BTN dukung kebijakan sekuritisasi aset KPR untuk tekan backlog perumahan

propertytoday.id - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus mendukung langkah pemerintah dalam mendorong sekuritisasi aset kredit pemilikan rumah (KPR) untuk menekan backlog perumahan...

BTN sepakat berdamai dan tempuh langkah mediasi dengan satu debiturnya

propertytoday.id - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) dan Satrio Arismunandar telah melakukan mediasi terkait dengan permasalahan kredit atas nama Yuliandhini, istri Satrio....