27 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021
ads
Beranda Housing Pembangunan stasiun Jatake kerja sama PT KAI dan BSD dimulai Maret 2021

Pembangunan stasiun Jatake kerja sama PT KAI dan BSD dimulai Maret 2021

PEMBANGUNAN Stasiun Jatake kerja sama PT KAI dengan PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk. dipastikan dimulai bulan Maret ini dan diperkirakan memakan waktu 1,5 tahun. Pembangunan stasiun ini bersamaan dengan rencana BSD mengembangkan perumahan di wilayah Jatake.

PT Kereta Api Indonesia (KAI/Persero) dan PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk akhir tahun lalu telah menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) tentang pembangunan, penyerahan, pengoperasian, perawatan, dan pengusahaan stasiun baru di KM 36+700 sampai dengan KM 37+200 yang terletak di antara stasiun Cicayur-Parung Panjang lintas Tanah Abang-Merak di Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten.

Penandatanganan PKS Stasiun Jatake itu dilakukan oleh Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI Jeffrie N. Korompis dan Kuasa Direksi BSD Siswanto Adisaputro. PKS ini dimaksudkan sebagai tindak lanjut perjanjian rencana pembangunan dan sebagai pedoman pelaksanaan proyek untuk kedua belah pihak.

Proyek stasiun Jatake ini dibangun di atas lahan seluas 2.806 m2 yang akan terdiri dari tiga lantai. Stasiun akan dilengkapi fasilitas pendukung kenyamanan pelayanan sesuai standar ditambah fasilitas eskalator, lift, area komersial, parkir sepeda motor, mobil, serta fasilitas integrasi moda lanjutan.

Pembangunan stasiun Jatake ini akan dilakukan bersamaan dengan pembangunan kawasan pemukiman oleh BSD di kawasan ini. Konstruksi pembangunan stasiun akan dimulai bulan Maret 2021 dengan target penyelesaian 1,5 tahun.

Direktur Lalu Lintas dan Angkuran Kereta Api Kementerian Perhubungan Danto Restyawan mengatakan, mobilitas masyarakat perlu diimbangi dengan prasarana dan sarana yang memadai dan karena itu pihaknya sangat menyambut baik kesepakatan dan kerja sama yang akan menghadirkan stasiun baru ini.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada KAI dan BSD yang menginisiasi pembangunan stasiun Jatake ini. Hal ini tentu bisa menjadi role model untuk kontribusi investasi badan perusahaan dan kerja sama seluruh stakeholder dalam rangka mewujudkan pembangunan bersama di sektor perkeretaapian,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi KAI, Senin (8/3).

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menambahkan, kolaborasi BUMN dan swasta ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang yang hendak beraktivitas ke Jakarta menggunakan transportasi KRL yang murah, cepat, aman, dan nyaman.

“Kerja sama ini merupakan wujud keterlibatan aktif sektor swasta dan BUMN dalam pembangunan infrstruktur untuk melayani masyarakat tanpa membebani APBN. Semoga kerja sama ini bisa menjadi pilot project swasta dan BUMN dalam membangun perekonomian nasional,” katanya. (EKA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Drive-thru OneSmile Apps mudahkan pengurusan kebutuhan pelanggan BSD City

SINAR MAS LAND Customer Care menghadirkan layanan baru yakni Sinar Mas Land Drive-Thru Service. Layanan tersebut khusus untuk pelanggan di BSD City. Layanan ini...

Paramount Land luncurkan Canna, cluster di Paramount Petals seharga Rp750 jutaan

PARAMOUNT LAND kembali memperkenalkan cluster perumahan terbarunya. Cluster perumahan yang diberi nama Cluster Canna merupakan hunian kedua berkonsep modern minimalis yang dibangun di Paramount...

Synthesis Huis perkenalkan tipe Passa mengusung keseimbangan unsur alam

PENGEMBANG PROPERTI Synthesis Development meluncurkan hunian tapak Synthesis Huis di kawasan Cijantung, Jakarta Timur. Ini adalah hunian eksklusif ini dikembangkan dengan mengedepankan keseimbangan unsur...

Konsumen tak perlu cemas, pembangunan Apartemen 45 Antasari dilanjutkan

PT INDONESIAN PARADISE PROPERTY TBK., pekan ini mengumumkan bahwa perseroan adalah pemegang saham pengendali baru, baik secara langsung maupun tidak langsung, dari PT Prospek...