31.5 C
Jakarta
Rabu, 21 April, 2021
ads
Beranda Hotel, Resort & Villas OYO Indonesia mengklaim terus tumbuh selama pandemi Covid-19

OYO Indonesia mengklaim terus tumbuh selama pandemi Covid-19

OYO Indonesia mengklaim terus mengalami pertumbuhan selama pandemi Covid-19, meski diakui pandemi berimbas ke banyak sektor ekonomi, tak terkecuali sektor perhotelan.

Ritesh Agarwal, founder dan CEO OYO Hotels & Homes mengatakan di tengah pandemi OYO justru menambahkan lebih dari 350.000 kamar secara global. Sementara untuk di Indonesia, OYO telah memiliki kurang lebih 45.000 kamar.

“Hunian hotel-hotel OYO secara global juga mencapai 85% dari periode sebelum pandemi, dengan peningkatan performa sebesar 6%, lebih baik dari industri lain jika dibandingkan dengan data industri dari Badan Pusat Statistik (BPS),” ujar Ritesh dalam sesi webinar bersama para mitra OYO, Kamis (18/3).

Kendati demikian, Ritesh menegaskan bisnis OYO terus berada pada jalur pemulihan. Ia mengklaim laba kotor OYO saat ini sudah melampaui level pra-COVID (Januari 2020). Sementara itu, secara global tarif kamar yang dijual OYO juga telah meningkat lebih dari 5% selama pandemi.

“Kami akan terus berusaha menghasilkan pendapatan bagi mitra secara maksimal, terutama melalui pemesanan kamar hotel di aplikasi OYO. Kami juga terus mengamati kondisi pasar dan optimistis akan kembalinya geliat industri ini dalam lima hingga enam bulan ke depan,” ujar Ritesh.

Ritesh yakin geliat industri akan kembali dalam waktu dekat mengingat proses vaksinasi sudah berjalan. Vaksinasi, kata Ritesh, merupakan angin segar bagi industri pariwisata dan perhotelan di Indonesia.

Salah satu fokus OYO untuk tetap bertahan di tengah tekanan industri adalah dengan menghadirkan strategi bisnis terbaik bagi keberlangsungan bisnis seluruh mitra. Strategi itu mencakup menganalisis performa dari setiap properti agar terus mendapatkan tingkat hunian yang maksimal.

“Berbagai inisiatif dilakukan OYO selama pandemi, termasuk inisiatif layanan isolasi mandiri, yang terbukti telah meningkatkan tingkat hunian sebesar 80-90% selama masa pandemi pada beberapa properti,” ujar Ritesh.

Selain menawarkan fasilitas isolasi mandiri, kata Ritesh, OYO juga memiliki berbagai inisiatif yang berkolaborasi dengan para Online Travel Agents (OTA) juga berhasil meningkatkan Gross Merchandise Value (GMV) mitra hotel yang berpartisipasi hingga lebih dari 50%.

Sementara itu, Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Indonesia mengatakan selama ini pihaknya secara konsisten menganalisa performa setiap properti sehingga bisa menghadirkan kerjasama bisnis terbaik bagi seluruh mitra, mulai dari menstimulasi permintaan, hingga memformulasi strategi agar mereka terus mendapatkan tingkat hunian yang maksimal.

“Tentu kami tidak dapat melakukan ini sendiri tanpa dukungan dan kerja sama yang baik dengan para mitra kami,” ujar Agus.

Agus menegaskan apresiasi OYO terhadap para mitranya juga tercermin dalam ajang penghargaan Mitra OYO atau Partner Awards yang telah dilaksanakan pada Februari 2021.

Menurut Agus, Partner Awards merupakan apresiasi terhadap mitra-mitra OYO yang terus berjuang bersama melewati masa sulit. Para mitra terpilih telah konsisten menunjukkan standar yang baik dan memberikan pengalaman menginap terbaik bagi konsumen.

Ajang apresiasi tersebut diberikan kepada mitra OYO Indonesia yang berada di 10 wilayah hub operasional. Diantaranya, Bali & Nusra; Jawa Timur; Jawa Tengah & Jogja; Jawa Barat; Jabodetabek; Sumatra Utara ; serta Kalimantan. Adapun kriteria penghargaan dibagi kedalam 2 kategori, yakni properti dengan jumlah kamar di bawah 50 dan properti dengan jumlah kamar di atas 50.

Selain kategori hotel, juga terdapat 3 kategori penghargaan lainnya yang terdiri dari; Best Customer Experience; Best Cleanliness dan Most Preferred Partner.

“Properti-properti yang menjadi pemenang akan memiliki label khusus pada aplikasi OYO dan aplikasi penyalur lainnya sebagai rekomendasi, agar para tamu merasakan pengalaman menginap yang aman dan nyaman,” jelas Agus.(PIT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Wuihhh…, Adhi Commuter akan sulap pool PPD jadi komplek hunian TOD

PT ADHI COMMUTER PROPERTI--anak usaha BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk. berencana menggandeng Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) untuk mengembangkan properti transit oriented development...

Dibanderol Rp5,5 miliar per unit, penjualan Saumata Suites di Alam Sutera moncer

PT SUTERA AGUNG PROPERTI mengungkapkan penjualan apartemen yang dibangunnya, Saumata Suites di Alam Sutera, Tangerang, cukup moncer. Sampai hari ini dari ratusan unit yang...

Summarecon Serpong tawarkan ruko Aristoteles mulai Rp3 miliar di Scientia Garden

DIBANDEROL mulai dari Rp3 miliaran, Summarecon Serpong, anak usaha PT Summarecon Agung Tbk., meluncurkan produk komersial Ruko Aristoteles di Serpong, Tangerang, Provinsi Banten. Executive Director...

Panorama Properti tawarkan ‘Panorama Bamboo Village’ di Bogor Timur

PANORAMA PROPERTI meluncurkan Panorama Bamboo Village, vila bambu bergaya bali di wilayah Bogor Timur, Jawa Barat. Ini adalah sebuah konsep peristirahatan nyaman, Yang diatasnya...