28.1 C
Jakarta
Kamis, 26 Mei, 2022
ads
Beranda Architecture & Design Maestro arsitektur Bali Ida Bagus Tugur tutup usia

Maestro arsitektur Bali Ida Bagus Tugur tutup usia

BALI kehilangan figur panutan seorang arsitektur terkenal, almarhum Ida Bagus Tugur . Almarhum sudah mengharumkan Bali di seantero Nusantara berpulang, Selasa ( 22/12) . Almarhum Ida Bagus Tugur merupakan arsitek dan undagi terkenal dengan karya fenomenal, seperti Art Centre Denpasar.

Bendesa Adat Cucukan, Ida Bagus Nyoman Ari Sanjaya membenarkan kabar meningggalnya tokoh arsitek Bali ini. Menurut dia almarhum terlahir sekitar tahun 1926 dan saat meninggal dunia saat usia mencapai 94 tahun.

Salah satu karya almarhum yang akan selalu dikenang masyarakat Bali adalah Gedung DPRD Bali. lasya lain almarhum adalah Patung Kanda Pat Sari di Catus Pata perempatan Agung, Klungkung.

Dalam menciptakan Karya-karya besar, almarhum beliau didampingi salah satu putra beliau yaitu Ida Bagus Gede Yadnya.

“Dia (Ida Bagus Gede Yadnya) salah satu anaknya yang ikut menemani dalam menciptakan karya-karya besar,” ujar Ida bagus Ari Sanjaya memastikan.

Ida Bagus Ari Sanjaya lanjut menuturkan, tidak hanya bangunan Art Centre Denpasar yang banyak dikagumi masyarakat dan kalangan arsitek Bali lainnya karena keindahannhya.

Jenazah almarhum saat disemayamkan di rumah duka di Gria Cucukan, Klungkung. Selanjutnya keluarga besar langsung mengadakan rembug keluarga beserta Prajuru Desa Adat Cucukan mengenai proses selanjutnya.

“Kita masih rembugkan rencana pelebon beliau ,Apalagi dalam situasi seperti sekarang, yakni pandemi COVID-19,” pungkas Ida Bagus Ari Sanjaya. (EKA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

propertytoday.id - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menyatakan dirinya akan mendiskusikan kembali terkait rencana penggabungan atau akuisisi Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank...

BTN siap dukung REI wujudkan rumah rakyat berkualitas

propertytoday.id - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) siap bersinergi dan mendukung REI dalam penyediaan hunian rumah yang berkuailitas dalam perayaan HUT REI...

JICA, Citibank dan BCA dukung BTN dalam program perumahan rakyat

propertytoday.id - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat suntikan dana dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citibank dan PT Bank Central Asia...

BTN gelar IPEX ke-38 di JCC, waktu yang tepat untuk berburu rumah

propertytodaty.id - Seiring dengan pemulihan ekonomi nasional yang terus meningkat dan masih tingginya kebutuhan rumah masyarakat, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk kembali menggelar...