28.7 C
Jakarta
Rabu, 3 Maret, 2021
ads
Beranda Retail Living World Kota Wisata senilai Rp1,4 Triliun siap dibangun di Cibubur

Living World Kota Wisata senilai Rp1,4 Triliun siap dibangun di Cibubur

PT SAHABAT KOTA WISATA, perusahaan joint venture Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land, menggelar peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Living World di Kota Wisata Cibubur. Proyek tersebut rencananya akan berdiri di atas lahan seluas 6 Hektar dengan luas bangunan mal parking area sekitar 200.000 m.

“Pembangunan Living World Kota Wisata tetap kami lakukan meski di masa pandemi,” kata Wakil Direktur Utama PT Sahabat Kota Wisata sekaligus CEO Retail & Hospitality Sinar Mas Land, Alphonzus Widjaja. Dia berharap proyek tersebut dapat membantu pergerakan ekonomi di Cibubur di masa pascapandemi.

Living World Kota WIsata Cibubur diproyeksikan akan beroperasi pada kuartal II tahun 2023 dengan total investasi sebesar Rp1,4 triliun. Mall tersebut akan diisi oleh 400 unit toko, 15 anchor atau mini anchor. Di sisi arsitektur, mall tersebut akan mengedepankan konsep eco-friendly. “Living World Kota Wisata Cibubur akan menjadi mal terbesar dan terlengkap di suburb area timurnya Jakarta dan Bogor,” kata dia menambahkan.

Di sisi lain, Sugiyanto Wibawa selaku Direktur Utama PT Sahabat Kota Wisata sekaligus Business Development Director Kawan Lama Retail optimis dampak pandemi Covid-19 terhadap bisnis mal akan berangsur membaik dan pulih. Di samping itu, pihaknya pun melakukan sejumlah strategi, salah satunya melalui pembangunan mal sebagai tempat bersosialisasi (hub) yang berdiri di kawasan permukiman. Dengan demikian, mal tidak berdiri sendiri karena pasarnya sudah tersedia dan masyarakat dapat mudah menjangkaunya.

“Karena itu, kami percaya diri untuk membangun Living World bersama Sinar Mas Land di Kota Wisata Cibubur, ditambah dukungan berbagai progam pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional serta program vaksinasi Covid-19,” ujar Sugiyanto.

Sebagai tambahan, Asosiasi Pemilik Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mencatat bahwa tingkat kunjungan mall berkisar sebanyak 10% dari hari bisa pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pertama. Sementara, tingkat okupansi pusat perbelanjaan pada 2020 secara nasional menjadi 70-80% dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 yang berada pada 80-90%. Transaksi penjualan di pusat perbelanjaan juga hanya sekitar 40%.

Pembangunan Living World Kota Wisata merupakan bagian dari kerja sama PT Kawan Lama dengan Sinar Mas Land yang telah disepakati pada Mei 2018. Kedua perusahaan membentuk joint venture company bernama PT Sahabat Kota Wisata untuk mengembangkan proyek tersebut dengan kompisisi saham 60% dikuasai PT Kawan Lama sementara 40% sisanya dimiliki Sinar Mas Land.

Meski masih dalam situasi pandemi, PT Kawan Lama dengan Sinar Mas Land tetap berkomitmen untuk mengembangkan beberapa proyek mixed-use serta memaksimalkan penataan konsep permukiman, bisnis dan perdagangan, jasa, serta rekreasi di Indonesia.

Kawan Lama Group merupakan kelompok usaha yang bergerak dalam sektor ritel untuk perlengkapan rumah tangga, furnitur, gaya hidup serta food and beverage, industrial, property & services, dan bisnis online yang telah berpengalaman lebih dari 65 tahun. Sementara Sinar Mas Land merupakan perusahaan Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun yang telah sukses melakukan pengembangan properti mencakup perumahan, apartemen, pusat perbelanjaan, dan kawasan industri.

Kedua perusahaan menyadari bahwa kondisi market saat ini lebih kompetitif, sehingga diharapkan melalui kerja sama ini Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land dapat berkolaborasi untuk mengembangkan berbagai produk properti di wilayah strategis di seluruh Indonesia.

Kota Wisata Cibubur dipilih sebagai lokasi Living World pertama untuk township milik Sinar Mas Land dengan mempertimbangkan pasar yang besar dan terus mencatat pertumbuhan yang positif. Hal itu terlihat dari makin meningkatnya jumlah residensial yang dikembangkan di kawasan tersebut serta makin meningkatnya keberadaan perumahan serta kawasan komersial di sekitar Kota Wisata.

Living World Kota Wisata Cibubur dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat Cibubur dan sekitarnya. Ini karena lokasi strategis Kota Wisata memiliki dua akses tol melalui Jagorawi dan JORR 1 (via Jatiasih). Ke depan, Kota Wisata juga akan memiliki akses langsung ke pintu tol Cimanggis-Cibitung yang terkoneksi dengan jalan tol Cinere-Jagorawi dan jalan tol Jakarta-Cikampek.

Selain akses kendaraan pribadi, warga Kota Wisata juga akan semakin dimudahkan dengan sarana transportasi light rapid transit (LRT) dengan rute Cibubur-Cawang-Dukuh Atas yang ditargetkan beroperasi pada tahun ini. Sebelumnya warga Kota Wisata juga telah dimanjakan dengan akses transportasi shuttle bus yang beroperasi dari dalam Kota Wisata dan memiliki rute ke bebarapa titik di pusat kota Jakarta seperti Sudirman, Senayan, Semanggi, Grogol, dan ITC Mangga Dua. (DIS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

LRT City Cibubur besutan Adhi Commuter Properti, padukan konsep TOD dengan alam

MENDUKUNG konsep pengembangan Transit Oriented Development (TOD) dengan alam, PT Adhi Commuter Properti (ACP) meluncurkan hunian vertikal LRT City Cibubur. Mengusung konsep alam di...

Citramas Group dan Sinar Mas Land garap digital hub Nongsa D-Town

CITRAMAS GROUP dan dan Sinar Mas Land melalui perusahaan konsorsium PT Citra Sinar Global membangun proyek bertajuk Nongsa D-Town di Pulau Batam. Area tersebut...

Muse @Alesha Pool Villa, hunian tapak di BSD City berkonsep resor

KELOMPOK usaha Sinar Mas Land (SML) kembali memperkenalkan hunian terbarunya Muse @Alesha Pool Villa di Kawasan Vanya Park BSD City, hunian tapak dengan konsep...

60 Investor asing digadang-gadang minat masuk ke Subang Smartpolitan

PENGEMBANG dan pengelola Subang Smartpolitan, PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta)—anak usaha PT Surya Semesta Internusa, Tbk—mengklaim sedikitnya 60 investor dari mancanegera berminat masuk ke kawasan...