22.8 C
Jakarta
Minggu, 29 Mei, 2022
ads
Beranda Hotel, Resort & Villas Kolaborasi dengan Omega Hotel Management, Jasa Marga masuk bisnis hotel

Kolaborasi dengan Omega Hotel Management, Jasa Marga masuk bisnis hotel

propertytoday.id – Jasa Marga (JSMR) berkolaborasi dengan Omega Hotel Management (Alfaland Group) akan membangun penginapan di rest area yang dikelola operator jalan tol tersebut.

Direktur Utama JMRB Cahyo Satrio Prakoso mengatakan bahwa kerja sama pengembangan rest area tersebut dilakukan setelah diterbitkannya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) Nomor 28/2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol.

“Dengan adanya Peraturan Menteri PUPR tersebut, kualitas pelayanan bagi pengguna jalan tol dapat lebih ditingkatkan, karena rest area dapat dikembangkan dengan menambah fasilitas penunjang berupa sentra bisnis lokal atau daerah, area logistik, kawasan industri, hingga destinasi penunjang wisata, termasuk fasilitas inap,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (11/1).

Cahyo menambahkan, potensi pengembangan fasilitas inap di rest area saat ini masih dikaji lebih lanjut oleh JMRB dan Omega Hotel Management (OHM). Berdasarkan hasil identifikasi awal, ruas tol yang cocok untuk dikembangkan fasilitas inap adalah Jalan Tol Trans-Jawa. Adapun, target pasar dari pengembangan penginapan di rest area tersebut adalah pengguna jalan yang melakukan perjalanan menerus atau jarak jauh.

“Yang selama ini membutuhkan fasilitas inap untuk perjalanan dari Jakarta, atau bahkan Merak menuju Semarang atau Surabaya, serta sebaliknya. Saat ini mereka harus keluar jalan tol terlebih dahulu baru menemukan hotel terdekat,” katanya.

Selain kondisi Jalan Tol Trans-Jawa yang panjang dan ramai, 85 persen rest area jalan tol yang dikelola oleh JMRB juga terletak di jaringan Jalan Tol Trans-Jawa, sehingga potensi pengembangan fasilitas inap tersebut semakin terbuka.

“Namun tidak menutup kemungkinan bila nantinya dibutuhkan di rest area kami di jalan tol yang ada di luar Jawa,” ujarnya.

Menurutnya, JMRB membutuhkan mitra atau rekan strategis yang dapat bekerja sama dengan saling memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak, salah satunya adalah OHM di bawah naungan Alfaland Group.

Sementara itu, Director of Operations Omega Hotel Management Aswin Drajat Sukrisna menuturkan, pihaknya akan terus berkarya dan berinovasi dengan menggandeng mitra potensial, seperti JMRB.

“Bersama JMRB, kami ingin mengembangkan bisnis perhotelan yang dapat memajukan industri pariwisata Indonesia, yaitu dengan menghadirkan fasilitas akomodasi yang terbaik bagi masyarakat yang menghampiri seluruh rest area yang dikembangkan oleh JMRB,” katanya.

Dia mengatakan pihaknya dan JMRB telah sepakat untuk menghadirkan hotel di rest area yang ada di Jalan Tol Trans-Jawa. Dia pun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan hal serupa di sejumlah rest area yang ada di tol di luar Jawa.

Kehadiran hotel di rest area nantinya akan menambah daya tarik, kenyamanan, dan keamanan bagi para bleisure (business & leisure) travelers yang bepergian melalui jalur darat. JMRB sendiri terus melakukan kajian terhadap potensi pendapatan dari rest area yang dikelolanya. Hingga saat ini, JMRB telah mengelola 27 rest area yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang bergerak di bidang pengembangan kawasan, termasuk rest area di ruas-ruas milik Jasa Marga Group, PT JMRB terus melakukan kajian terhadap potensi pendapatan dari rest area yang dikelolanya. Hingga saat ini, PT JMRB telah mengelola 27 rest area yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sedangkan OHM merupakan local hotel operator yang telah mengelola 17 hotel dengan beragam brand (Grand Cordela, Cordela, Cordela Inn, Cordex dan Alfa Resort) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Bandung (Soekarno Hatta), Cirebon (Cipto Mangunkusumo), Puncak (Cisarua), Jakarta (Ancol dan Senen), Medan (H.M. Yamin, AR. Hakim, Millennium ICT Center), Kuningan (Siliwangi), Yogyakarta (Malioboro), Pangkalpinang (Hamidah), Palembang (R. Sukamto), Pekanbaru (KH. Wahid Hasyim), Bengkulu (Jenderal Sudirman), Sidoarjo (KH. Ali Mas’ud), Solo (Jebres) dan Palembang (Malaka). Tahun 2022 ini, OHM akan segera menambah 2 hotel lagi yang ditargetkan akan dibuka pada semester kedua, yaitu di Tangerang dan Tasikmalaya.

Seluruh hotel dibawah naungan OHM tersertifikasi C.H.S.E (Clean, Health, Safety, Environment) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, sebagai jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan hotel memang sudah memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan di masa pandemi. Seluruh karyawan hotel juga sudah divaksin. Oleh karena itu, OHM optimis untuk bisa menerapkan protokol kesehatan yang ketat khususnya pada fasilitas inap yang akan dibuka di rest area. (EKA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

propertytoday.id - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menyatakan dirinya akan mendiskusikan kembali terkait rencana penggabungan atau akuisisi Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank...

BTN siap dukung REI wujudkan rumah rakyat berkualitas

propertytoday.id - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) siap bersinergi dan mendukung REI dalam penyediaan hunian rumah yang berkuailitas dalam perayaan HUT REI...

JICA, Citibank dan BCA dukung BTN dalam program perumahan rakyat

propertytoday.id - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat suntikan dana dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citibank dan PT Bank Central Asia...

BTN gelar IPEX ke-38 di JCC, waktu yang tepat untuk berburu rumah

propertytodaty.id - Seiring dengan pemulihan ekonomi nasional yang terus meningkat dan masih tingginya kebutuhan rumah masyarakat, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk kembali menggelar...