27.3 C
Jakarta
Jumat, 2 Desember, 2022
ads
Beranda Housing Kolaborasi BUMN luncurkan pembiayaan mikro perumahan syariah

Kolaborasi BUMN luncurkan pembiayaan mikro perumahan syariah

propertytoday.id – PT Sarana Multigriya Finanasial (Persero) atau SMF kembali meluncurkan program kolaborasi untuk pembiayaan mikro perumahan syariah atau HOME syariah bersama PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan program tersebut merupakan kolaborasi berkelanjutan lintas BUMN yang dibuat untuk mendorong berbagai kelompok masyarakat yang membutuhkan pembiayaan perumahan mikro.

“Dalam kondisi saat ini di mana pandemi belum juga berakhir, program pembiayaan mikro perumahan HOME Syariah ini diharapkan juga dapat menjadi pilihan solusi dan jawaban agar masyarakat dapat bangkit di tengah gejolak ekonomi saat ini,” kata Ananta, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (27/7).

Di tahun sebelumnya, program HOME konvensional dirilis untuk nasabah PNM Mekaar (Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera). Pada waktu yang sama juga telah disalurkan secara simbolis pembiayaan HOME syariah kepada 10 nasabah Mekaar. Program ini memang ditujukan untuk nasabah syariah untuk pembiayaan mikro berupa merenovasi rumah sekaligus menjadikan tempat atau pendukung usaha.

“Dengan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkannya dapat membantu pemerintah dalam mendukung terjaganya stabilitas ekonomi nasional,” ujarnya.

Lewat program ini, SMF dan PNM bersinergi untuk menggerakan sektor UMKM dan ultra mikro melakukan usaha lewat rumah mereka sendiri. Tak hanya itu, kolaborasi ini menggunakan prinsip syariah dengan akad mudharabah muqayyadah. SMF berlaku sebagai shahibul maal dan PNM sebagai mudharib.

Dalam pelaksanaannya akan merujuk pada ketentuan syariat islam, baik itu berdasarkan Dewan Syariah Nasional maupun Majelis Ulama Indonesia. HOME syariah disebutnya sebagai pelengkap komitmen dalam pelayanan pembiayaan untuk masyarakat non fix income, disamping program HOME konvensional.

Dengan demikian, masyarakat dapat memiliki tempat usaha yang mudah dengan pembiayaan yang terjangkau. Direktur Operasional PNM Sunar Basuki mengatakan program HOME Syariah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terkhusus nasabah PNM. “Kami keluarga besar PNM mengucapkan terima kasih kepada SMF yang telah mendukung dan memberikan nilai tambah kepada nasabah kami,” ujar Sunar. (EKA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

The Veranda, apartemen berkonsep resor dijadwalkan topping-off akhir 2023

propertytoday.id - The Veranda, apartemen berkonsep resor yang dikembangkan PT Jakarta Indah Makmur memasuki tahap pembangunan struktur bagian atas dan direncanakan akhir 2023...

BTN akan alokasikan dana hasil rights issue Rp4,13 triliun untuk pembiayaan KPR

propertytoday.id - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) akan menggunakan dana dari hasil penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau...

BTN bidik transaksi KPR baru Rp1,5 triliun di ajang IPEX 2022

propertytoday.id - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) KPR BTN yang ke-46 pada 10 Desember 2022 mendatang serta memperingati Hari Pahlawan yang ke-77,...

Ludes terjual dalam waktu 6 jam, Summarecon Crown Gading kantongi Rp827 miliar

propertytoday.id - Mengusung tema “New City, New Kelapa Gading”, Summarecon Crown Gading menjadi proyek yang sangat penting dan bersejarah bagi perusahaan, karena membawa fenomena konsep...