28.3 C
Jakarta
Sabtu, 22 Januari, 2022
ads
Beranda Housing BTN: "Backlog perumahan tersisa 4-4,5 juta unit di akhir 2030"

BTN: “Backlog perumahan tersisa 4-4,5 juta unit di akhir 2030”

PT BANK TABUNGAN NEGARA (Persero) Tbk atau Bank BTN memproyeksikan angka backlog atau jumlah kebutuhan perumahan yang belum bisa terpenuhi dapat turun menjadi 4 juta-4,5 juta pada akhir 2030.

Menurut Plt. Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, angka backlog di Indonesia terbagi atas dua perhitungan. Pertama, angka backlog berdasarkan kepemilikan rumah yang mencapai 11 juta hunian. Kedua, angka backlog berdasarkan keterhunian yang mencapai 7,5 juta rumah tangga.

Menurut Nixon, kemampuan Bank BTN dalam menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk mengurangi angka backlog tersebut mencapai 200 ribu hingga 300 ribu hunian per tahunnya.

“Jika ada konsistensi dan upaya bersama dari seluruh pihak baik pemerintah, asosiasi, serta dibantu bank lain, bisa ada 600 ribu unit rumah yang dibiayai per tahun. Artinya pada 2030 angka backlog bisa turun menjadi 4 juta-4,5 juta,” katanya Jumat (5/1/2021).

Nixon meyakini penurunan signifikan pada angka backlog tersebut merupakan keniscayaan. Pasalnya, pemerintah kian fokus pada sektor perumahan. Apalagi, di masa pandemi ini, rumah menjadi penopang utama berbagai aktivitas seperti bekerja, beribadah, hingga sekolah.

Adapun, sejak dipercaya menjadi salah satu bank penyalur Program Satu Juta Rumah pada 2015, Bank BTN telah menyalurkan lebih dari 1,25 juta unit rumah.

“Jika dibagi rata-rata per tahun, kami telah menyalurkan KPR untuk 250 ribu hingga 300 ribu unit rumah. Kami berkomitmen akan terus mendukung Program Satu Juta Rumah di periode 2 ini,” tandas Nixon. (EKA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Lippo Karawaci siapkan proyek residensial sebagai ‘tools of investment’

propertytoday.id - PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) meyakini bahwa tahun ini akan terjadi percepatan pemulihan properti dan itu akan ditopang properti residensial. Properti residensial...

Kolaborasi dengan Omega Hotel Management, Jasa Marga masuk bisnis hotel

propertytoday.id - Jasa Marga (JSMR) berkolaborasi dengan Omega Hotel Management (Alfaland Group) akan membangun penginapan di rest area yang dikelola operator jalan tol tersebut. Direktur...

Dorong program sejuta rumah, SMF jajaki skema pembangunan rumah MBR

propertytoday.id - PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) menjajaki skema bantuan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Indonesia sebagai upaya mendorong tercapainya target dalam...

Siapkan digital mortgage ecosystem, BTN siap jadi mitra BP Tapera

propertytoday.id - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau BBTN siap mendukung Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat atau BP Tapera menyalurkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan...